Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Menjaga kesehatan ibu hamil muda atau pada trimester awal adalah penting. Dokter kandungan dan banyak referensi mengatakan bahwa masa paling rawan adalah pada trimester awal. Mungkin wajar karena itulah awal pembentukan janin dan tentu membutuhkan proteksi lebih.

Memang mudah saja menjaga kesehatan ibu hamil muda seperti cukup istirahat, olahraga ringan, jaga asupan makanan, dan hal positif lainnya. Tapi itu kan kondisi ideal, saya pun waktu kehamilan pertama mudah-mudah saja menjaga kondisi badan karena tidak direpotkan oleh hal lainnya. Nah sekarang gimana kalau udah ada anak? seperti saya dikehamilan kedua ini. Selain harus jaga kesehatan kehamilan juga disibukkan oleh mengurus anak pertama. Mau istirahat gak bisa tinggal istirahat, mau olahraga? lupakan saja! Satu-satunya cara mungkin yaitu menjaga asupan makanan sehat untuk ibu hamil.

Alhamdulillah trimester awal dikehamilan kedua ini terlewati sudah, berikut saya coba berbagi 4 cara menjaga kesehatan ibu hamil muda dengan kondisi saya juga sambil mengurus anak pertama, antara lain:

  1. Istirahat cukup dan pintar ambil waktu istirahat.
  2. Menjaga asupan makanan.
  3. Jalan-jalan keluar rumah pagi / sore hari.
  4. Tetap tenang/rileks.

Istirahat cukup. Istirahat yang paling memungkinkan ya mengikuti jadwal istirahat anak. Meski terkadang saat anak tidur saya sedang tak ingin tidur, tapi ehh pas saya ingin tidur anak malah terbangun. Situasi itu akan membuat jadwal tidur terganggu dan perubahan waktu atau pola tidur bisa mengakibatkan kita cepat lelah dan pusing. Tapi yaa begitu resikonya sih, jadi diakali dengan paksakan untuk istirahat (meski hanya sebatas rebahan) saat anak tidur.

Menjaga asupan makanan dengan makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran. Sebisa mungkin lebih baik masak sendiri dirumah selain hemat juga lebih bersih kan? Kalau harus makan diluar ya kita tidak tahu kebersihannya dan juga bakalan keluar biaya lebih. Tapi sesekali makan diluar ya tidak apa-apa itung-itung refreshing.

Jalan keluar rumah di pagi atau sore hari sambil menghirup udara segar biasanya saya lakukan sambil ngajak jalan anak dan bercengkrama dengan tetangga. Di komplek rumah saya anak-anak pada keluar di pagi atau sore hari. Jadi ya kalau tubuh tidak cape saya sering keluar rumah pagi/sore lumayan menghilangkan penat. Kalau pikiran gak stress insyaalloh bawa sehat juga ke tubuh bukan ?

Mungkin ada yang kehamilan pertamanya menjadikan bumil (ibu hamil) jadi stress karena belum siap, ada juga yang tidak mengharapkan kehamilan, dan keadaan lainnya yang mengakibatkan pikiran tidak tenang stress pun melanda. Menjaga supaya pikiran tetap berperan penting dalam perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Menjaga pikiran supaya tetap tenang dan terhindar dari stress bisa didapatkan dengan mengaji, istirahat cukup, jalan-jalan, curhat atau ngobrol dan tidak memendam perasaan serta olahraga ringan.

4 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *