Makanan tradisional khas Jawa Tengah ini sering mudah dijumpai di pusat oleh-oleh, outlet dekat stasiun, atau pun terminal dan juga bandara. Makanan yang terbuat dari santan kelapa, gula, dan tepung ini memang memiliki cita rasa yang manis legit, cukup memanjakan lidah dan juga bisa membantu mengganjal perut yang lapas.

Dulu wingko babat yang jajakan di outlet-outlet hanya memiliki satu varian rasa yakni manis yang berasal dari gula pasir. Sekarang ini, Anda tidak hanya akan menjumpai satu rasa saja, melainkan sudah ada beberapa varian rasa wingko yang beredar di pasaran. Variasi ini untuk memberikan pilihan rasa kepada masyarakat yang menyukainya. Sekarang kita bisa menjumpai wingko rasa durian, cokelat, nangka, strawberry dan lain-lain.

Penasaran bagaimana cara pembuatannya? Dalam pembuatannya, ada yang memakai santan, ada juga yang memakai mentega yang telah dicairkan. Pengusaha wingko babat banyak memilih memakai mentega karena dirasa lebih praktis. Teknik menambahkan santan kelapa dan juga mentega tidak boleh terlalu encer karena bisa mempengaruhi tekstur wingko babat. Kalau terlalu encer, wingko yang dihasilkan bisa menjadi lembek.

Kalau Anda penasaran bagaimana cara membuat wingko babat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, toh bahan-bahannya termasuk mudah untuk didapatkan di sekitar Anda.

Wingko

Bahan-bahan

  • kelapa parut
  • santan kental
  • tepung ketan
  • Gula
  • vanilli bubuk
  • Garam
  • daun pandan

Cara Membuat

Untuk membuat wingko, yang harus Anda lakukan ialah merebus campuran santan, garam, dan gula pasir. Sambil direbus, aduk-aduk hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan daun pandan ke dalmanya. Kemudian aduk lagi sampai agak mengental.

Bila sudah agak mengental, kecilkan api. Pada saat yang sama siapkan wadah untuk menuang adonan tersebut. Tuang secara hati-hati. Setelah selesai, masukkan tepung ketan, vanili, dan kelapa parut pelan-pelan sambil diaduk sampai rata. Aduk-aduk lagi untuk memastikan adonan Anda sudah tercampur rata.

Aduk terus sampai adonan jadi kalis. Setelah dirasa kalis, diamkan sejenak sementara Anda menyiapkan Loyang yang akan digunakan untuk memanggang.

Olesi terlebih dahulu Loyang dengan minyak. Tuang adonan ke dalamnya kemudian dipanggang dalam oven bersuhu 170 derajat celcius. Panggang sampai setengah matang, kemudian olesi wingko yang sedang dalam keadaan setengah matang tersebut dengan bahan yang sama, kemudian panggang lagi sampai berwarna kecokelatan. Jangan lupa untuk dibolak-balik sampai berubah warna, agar tidak gosong di satu sisi. Anda akan mencium bau harum, khas kelapa ketika adonan sudah matang.

 

 

Varian Wingko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *